Jumat, 03 Juni 2011

Kenapa musti malu

Pernah ngga sih lo lagi di lampu merah, dan nengok ke kaca jendela mobil lo buat ngeliat orang yang lebih kecil? Pernah ngga sih lo mikir, mereka dapet berapa rupiah hari itu. Mereka udah makan apa belom atau mereka udah sekolah apa belom dan mikirin kehidupan mereka kayak apa? Atau pernah ngga sih lo ngebantu mereka?

Pulang sekolah, di lampu merah biasanya. Di sebelah kiri ada 2 anak kecil bersama ibunya yang lagi ngegendong anak bayinya. Kalo ngga salah itu jam 3 siang. Mereka lagi makan risoles, enak banget kayaknya. Mungkin itu makanan pertama yang mereka makan hari itu, ditemenin satu botol aqua 1 liter buat rame - rame. Agak sedih ngeliatnya, lahap banget makannya. Sedangkan gue, sering ngebuang gituan. Gue nyari duit receh di saku baju dan rok, dan gue pegang di tangan. Tangan udah siap mencet tombol jendela, tapi ada iklan. Motor sebelah gue ngasih mereka 50 ribu. KRIK. Gue langsung ciut, langsung masukkin uangnya balik. Seneng banget mereka dan matanya berbinar sambil ngucapin makasih dan doa buat si motor tadi.

Dalem hati, pelit banget gue. Kurang pelit apa, gue ngasih cuma 2 ribu perak. Jujur, agak malu kalo gue tetep ngasih. Lampu ijo pun nyala, dan di tengah jalan baru kepikiran.

Kenapa mesti malu, itu yang ada. Ngga berarti lo ngasih dalam jumlah kecil harus malu, yang pentingkan ikhlas, yang penting kan niatnya. Nyesel se nyesel - nyeselnya. Yes, mulai hari itu gue sering ngebuka kaca buat mereka, tanpa perlu malu yang gue kasih itu berapa rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar