Selasa, 16 November 2010

SANSEVIERIA


   Sansevieria adalah salah satu jenis tanaman hias. Sanseviera memiliki daun yang tebal dan keras memiliki kandungan air sukulen hingga tahan kekeringan. Namun dalam kondisi lembab, Sanseiveria bisa tumbuh subur. Sansevieria sering disebut juga lidah mertua karena ujungnya meruncing dan tajam. Warna daun Sanseiveria beragam, hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, Motof alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.
        Sansevieria tidak hanya sebagai tanaman hias, namun sansevieria punya banyak manfaat. Seperti, menyuburkan rambut, mengobati diabetes, mengobati wasir, mengobati kanker ganas.

Menurut penelitian, sansevieria dapat menyerap polusi dan bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene dan lain lain. Hal itu terjadi karena sansevieria memiliki Preghane Glycoside pada setiap daunnya.

Selain itu sansevieria juga dapat mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televise, maka dari itu tidak apa – apa bila sansevieria di taruh di dekat computer atau televisi.

Karena sansevieria tahan pada kondisi panas, di dalan ruangan ataupun ruangan yang ber-AC. Walaupun begitu sansevieria pun juga perlu untuk di siram secara benar dan teratur. Namun sanseviera jangan terlalu banyak di beri air, cukup seminggu sekali saja karena dapat mengundang bakteri dan penyakit lain.

Sansevieria dapat berkembang biak dengan berbagai cara, ada yang melalui biji, rhizome ataupun lewat stolon. Tapi sebagian besar sansevieria berkembang bika dengan rhizome. Berdasarkan jenisnya sansevieria ada dua jenis yaitu sansevieria keturunan asli/spesies sedangkan yang kedua adalah jenis hasil persilangan/hibridasi yang bisa disebut dengan jenis sansevieria hibrid.
Karena sansevieria mudah di rawat dan banyak manfaatnya, maka tidak ada salahnya kita menanam sansevieria banyak – banyak di rumah dan lingkungan kita. Setidaknya dengan adanya sanseviera polusi udara berkurang.


Ini adalah bahan penjelasan yang ku jelasin waktu ujian praktek kelas 6, nervous, gelagapan nggak karuan. Nilainya cukup memuaskan. Ah jadi kangen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar